Jumat, 03 Januari 2014

Tanaman Beracun






Canna (Family : Cannaceae)


Canna tidak hanya memiliki fitur bunga yang cantik, tapi juga daun yang indah (sering disamakan dengan tanaman pisang) dan memiliki berbagai warna yang menakjubkan. Dipopulerkan di zaman Victoria, Cannas adalah tanaman kebun populer.
Selain memiliki rupa yang cantik, ternyata bunga ini juga memiliki banyak kegunaan, di antaranya adalah sbb :
-       Rimpangnya yang kaya akan pati (amilum) bisa diproduksi menjadi tepung untuk konsumsi manusia maupun ternak
-       Batang dan daunnya bisa untuk pakan ternak
-       Tunas mudanya bisa dijadikan sebagai sayuran
-       Biji mudanya bisa dijadikan sebagai tambahan dalam membuat tortilla (semacam penganan kecil)
-       Serat dari batangnya bisa digunakan sebagai pengganti rami
-       Asap dari pembakaran daunnya bahkan disebut bisa berperan sebagai insektisida



Hortensia/Hydrangea (Family : Hydrangeaceae)

Merupakan tanaman semak dengan tinggi 1 sampai 3 meter, tapi ada juga yang merambat di tanaman lain hingga mencapai ketinggian 30 meter. Daunnya berbentuk bulat telur, tepi beringgit, warna hijau muda berkilau. Bunganya membentuk rangkaian membulat seperti  tiupan bola salju di musim gugur. Kelompok bunga berbentuk bintang, sering ditemukan dalam nuansa pastel lembut,. Mereka populer di buket pernikahan dan bunga-bunga taman.
Bunga hortensia bersifat sedikit beracun jika dimakan karena semua bagian tanaman mengandung glukosidasianogenik. Walaupun demikian jarang ada kasus keracunan karena tanaman ini tidak kelihatan enak dimakan. Daun dan akar tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Calla Lily (Zantedeschia aethiopica)

Jangan tertipu dengan keindahan bunga ini karena sebenarnya bunga ini adalah anggota spesies beracun, Zantedeschia. Semua bagian tanaman mengandung kalsium oksalat yang sangat beracun, dengan kemampuan untuk membunuh ternak dan anak – anak jika tertelan.. Konsumsi tanaman  baku dapat menyebabkan sensasi terbakar parah serta pembengkakan bibir, lidah, dan tenggorokan;. Sakit perut dan diare dapat terjadi.

Saliara / Lantana (Lantana camara)

Bunga – bunga halus dengan kelopak merah jambu dan kuning, adalah magnet bagi kupu – kupu. Semak bunga ini dapat tumbuh menjadi cukup besar dan perubahan warna kelopak menandakan usia tanaman ini.
Ekstrak metanol daun Lantana camara dapat dijadikan sebagai penyembuhan ulkus lambung dan juga mencegah perkembangan ulkus duodenum pada tikus. Ekstrak daun segarnya merupakan antibakteri dan digunakan secara tradisional di Brazil sebagai antipiretik , karminatif dan dalam pengobatan infeksi sistem pernapasan.
Namun Lantana dianggap juga sebagai gulma karena pertumbuhan mereka yang sangat cepat dan sangat sulit untuk disingkirkan.


Mawar (Genus : Rosa)

Mawar adalah salah satu bunga yang paling romantik, indah dan juga memiliki aroma yang khas. Mawar juga sering dijadikan simbol.  Dalam kebudayaan Barat, mawar adalah lambang cinta dan kecantikan. Bunga mawar dianggap suci untuk beberapa dewa dalam mitologi Yunani seperti Isis dan Aprodite.
Bunga mawar adalah bunga nasional Inggris dan juga digunakan sebagai lambang tim nasional Rugby Inggris dan Rugby Football Union di Inggris.
Di Kanada, bunga mawar liar merupakan bunga provinsi Alberta. Di Amerika Serikat, bunga mawar merupakan bunga Negara bagian IowaNorth DakotaGeorgia, dan New York. Kota Portland di Negara bagian Oregon yang setiap tahunnya mengadakan festival bunga mawar sering disebut “Kota Bunga mawar.”
Bunga mawar juga merupakan simbol anti-kekerasan di Georgia sewaktu terjadi Revolusi Mawar pada tahun 2003.
Selain itu, bunga mawar sering dijadikan objek lukisan oleh banyak pelukis. Pelukis Perancis bernama Pierre-Joseph Redouté terkenal dengan lukisan berbagai spesies bunga mawar yang digambar dengan sangat teliti.
Selain terkenal dengan keindahannya, ternyata mawar memiliki banyak manfaat, antara lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C.
Minyak mawar adalah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun – daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum. Pada saat ini, kebutuhan minyak mawar dunia sebanyak 70% – 80% dipenuhi oleh pusat penyulingan mawar di Bulgaria, sedangkan sisanya dipenuhi oleh Iran  dan  Jerman. Penyulingan minyak mawar di Bulgaria, Iran, dan Jerman menggunakan mawar damaskus  Rosa damascena ’Trigintipetala,’ sedangkan penyulingan di Perancis menggunakan jenis Rosa centifolia. Mawar juga dapat dimanfaatkan untuk tehjelly, dan selai.

Nerium Oleander



Oleander dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling beracun di bumi, sering digunakan untuk bunuh diri di India Selatan. Berbagai macam racun terkandung di seluruh bagian tanaman ini, seperti Oleandrin dan neriine, yang menyebabkan gangguan sistem saraf, gangguan pencernaan, dan sistem kerja peredaran darah.

Parahnya, semua gejala itu akan terjadi secara bersamaan. Korban akan mengalami gejala kehilangan kesadaran, tubuh bergetar, rasa sakit yang amat sangat, koma, hingga kematian. Getahnya dapat menyebabkan iritasi kulit dan kebutaan pada mata.


Datura



Bunga Datura bentuknya mirip kecubung, mengandung alkaloid yang cukup mematikan. Mereka telah digunakan selama ratusan tahun sebagai racun halusinogen. Di beberapa tempat di Eropa dan Inda, Datura digunakan untuk melakukan pembunuhan dan bunuh diri.


Angel’s Trumpet
bunga-angel's trumpet
Bunga Angel’s Trumpet
Bunga ini berasal dari Amerika Selatan.   Bunga ini berbentuk terompet yang besar dan berwarna-warni. Bunganya sangat menarik dan harum, dan mempunyai berbagai warna seperti putih, peach, kuning dan oranye. Meskipun nama bunga ini cantik, tapi bunga ini sangat berbahaya. Bunga ini mengandung racun yang bisa sangat fatal untuk manusia maupun hewan.
Bunga ini mengandung zat tropane alkaloids yaitu berupa racun yang menghasilkan efek halusinogen sangat kuat. Hal ini membuat tanaman bunga ini menjadi obat yang populer untuk ritual perdukunan di beberapa suku-suku Amazon.  Keistimewaan lain dari bunga ini terletak pada skopolamin-nya yang sangat toksik. Skopolamin adalah obat antikolinergik yang memiliki banyak efek pada tubuh terutama efek halusinasi. Efek ini dapat sangat membahayakan manusia sampai pada kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar