Rabu, 29 Januari 2014

Buat Mandiri Tanaman Sekeliling Kita....!!!!!!!!



bagi yang hobi bertanam, ingat niee.... jangan terlalu dimanjakan tanamannya......

ternyata istilah manja tidak hanya untuk manusia, untuk tanaman pun saya rasa berlaku juga....
gimana ?? kok bisa ??
setelah saya pikir-pikir mengapa sekarang ini banyak hama dan penyakit baru yang bermunculan, tanaman menjadi rentan terhadap hama penyakit, dan munculnya berbagai macam obat-obatan pertanian.
alasanya adalah sekarang ini setiap ada hama baru yang muncul maka akan memunculkan produk obat pertanian baru, hal tersebut saya rasa akan semakin menambah biaya produksi petani, selain itu juga akan berdampak pencemaran lingkungan mengingat para petani dalam mengaplikasikan ke lapang pada umumnya melebihi dosis yang dianjurkan.

selain dampak lingkungan, apakah hasil pertanian yang menggunakan obat-obatan tersebut tidak beresiko terhadap kesehatan jika dikomsumsi. jawabanya tentu beresiko, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

trus bagaimana dunkkk ??

hemm..... caranya budayakan pertanian organik.....
kenapa harus organik,,, karena dengan budidaya organik akan membuat tanaman menjadi mandiri....
pertama ni yang bisa dilakukan yaitu menggunakan pupuk organik dalam budidaya....
menggunakan pupuk organik sangat banyak keuntunganya dalam jangka pendek maupun jangka panjang, diantaranya nie selama saya bergelut dengan organik;

  • tanah menjadi lebih gembur.
  • makrofauna dan mikrofauna dapat aktif bergerak dan berkembangbiak
  •  dengan berkembangnya mikrofauna (bakteri, cendawan, actinomiset) akan membantu dalam proses penyediaan hara
  • keberlanjutan kehidupan dalam tanah akan lestari 
  • tanah menjadi sehat.... tanaman tumbuh baik dan sehat... 
sebenarnya masih banyak lagi keuntungan yang lainya dan yang ga kalah penting adalah membuat tanaman mandiri, mencari hara dengan memperlebar perkembangan akar sehingga perakaran menjadi luas,,,,,, semakin luas perakaranya maka bakteri-bakteri menguntungkan yang bersimbiosis semakin banyak sehingga ketersediaan hara akan tercukupi. nah selain itu juga bisa melindungi akar tanaman dari pathogen jahat lohh, penambahan bahan organik kedalam tanah juga meningkatkan aktivitas dan populasi mikroba tanah yang mungkin juga berperan sebagai mikroorganisme antagonis yang dapat berfungsi sebagai antagonis bagi patogen penyakit tanaman (Yulianti dan Nidar, 1999). Pemberian pupuk organik menjadikan vigor akar dan batang tanaman lebih kokoh sehingga mengurangi serangan beberapa OPT


Keuntungan lain penggunaan pupuk organic yang lain adalah, tanah tidak akan mengalami “over dosis” atau pencucian hara karena hara dari pupuk organic akan terjerap atau terdapat dalam ikatan tanah maupun berada dalam jerapan mikroorganisme.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar